Senin, 23 Juli 2018

Perbedaan Selulit Dan Stretch Mark

Perbedaan Selulit Dan Stretch Mark,-Masalah penampilan merupakan masalah yang sangat penting bagi sebagian besar wanita. Selain jerawat, selulit dan stretch mark banyak juga menjadi perhatian kaun hawa sekalipun keduan masalah tersebut menyerang daerah yang tersembunyi. Meskipun begitu masih banyak yang beranggapan selulit dan stretch mark merupakan hal yang sama padahal keduanya berbeda satu sama lain. Karena itulah saya akan membagi informasi mengenai apa saja perbedaan selulit dan stretch mark, semoga bermanfaat.

Perbedaan Selulit Dan Stretch Mark

Perbedaan selulit dan stretch mark


Selulit pada umumnya dikenal sebagai suatu keadalah permukaan kulit yang tidak rata, kendur, seperti permukaan kulit jeruk atau bisa juga terlihat seperti timbunan keju. Selulit biasanya terdapat pada paha, bokong dan payudara. Selulit biasanya timbul pada usia setelah pubertas karenanya diyakini sebagai salah satu ciri perkembangan seks sekunder. Selulit kebanyakan terjadi pada wanita dan sangat jarang ditemukan pada pria.Hal ini karena pada wanita dan pria terdapat perbedaan anatomi kulit. Orang banyak beranggapan selulit selalu berhubungan dengan kelebihan berat badan atau obesitas, nyatanya selulit tidak selalu berhubungan dengan obesitas meskipun memang keadaan berat badan yang berlebihan bisa memperparah kondisi selulit. Karena itu sangat penting untuk selalu mengontrol berat badan dan usahakan untuk mengurangi berat badan dengan fokus pada mengurangi lemak pada bagian bawah kulit. Hal tersebut bukan perkara mudah terutama bagi mereka yang memiliki faktor genetik mudah menyimpan lemak di area tersebut. Jika memang akan mengurangi berat  badan dianjurkan untuk mengkombinasikan dengan olahraga yang teratur jangan hanya dengan menjalani diet makanan.

Perbedaan selulit dan stretch mark


Stretch mark sendiri merupakan kelainan pada kulit yang pada fase awal berupa garis-garis merah muda dan berkembang menjadi garis-garis putih pada fase lanjut. Kondisi ini disebabkan adanya peregangan jaringan kulit secara drastis dalam tempo yang cenderung singkat. Biasanya keadaan seperti itu dialami ketika masa pubertas ataupun ketika terjadi penurunan atau penambahan berat badan secara cepat.Sampai saat ini belum ada yang bisa secara pasti menyebutkan penyebab utama stretch mark tetapi ada kecenderungan resiko terkena stretch mark meningkat dengan memiliki beberapa faktor : keturunan, menjadi kurus atau gemuk, satus gizi, faktor etnis, dan pemakaian salep yang mengandung streroid.

Ciri Perbedaan Selulit Dan Stretch Mark

Perbedaan selulit dan stretch mark secara kasat mata bisa diketahui dengan melakukan cubitan ringan di area yang terkena. Pada selulit jika permukaan kulit dicubit maka permukaan kulit terlihat benjol-benjol (benjolan-benjolan bahkan akan terlihat tanpa kulit perlu dicubit bila selulit sudah pada tahap lanjut). Sedangkan pada stretch mark kulit justru akan terlihat ada legokan ke dalam mengikuti garis yang ada. Berbeda dengan selulit yang jarang terkena pada pria, stretch mark memiliki peluang yang sama terjadi pada waniita maupun pria. Selulit kerap muncul pada bagian sekitar bokong, pinggul, betis dan juga paha sedangkan stretch mark biasanya terjadi di bagian payudara, perut atas, lengan atas, pantat, dan paha. 

Itulah perbedaan selulit dan stretch mark. Meskipun ada beberapa perbedaan selulit dan stretch mark tetapi keduanya bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, makan makanan yang sehat, dan olahraga yang teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar