Sabtu, 18 Agustus 2018

Cara Mengatasi PMS (Pra-Menstruasi Sindrom)

Cara Mengatasi PMS (Pra-Menstruasi Sindrom),- Kalau ada wanita yang mengalami mood swing, tiba-tiba gampang marah-marah, tiba-tiba jadi lebih sensitif pasti orang disekitarnya ada yang bilang "lagi pms ni". Tapi sebenarnya apa sih PMS itu trus bagaimana cara mengatasi PMS ini? Oke, kali ini saya akan membagikan info mengenai penyebab, gejala dan tentu saja cara mengatasi PMS.Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi PMS (Pra-Menstruasi Sindrom)

cara mengatasi PMS


Sesuai namannya, PMS terjadi sebelum masa menstruasi dimulai dan gejala akan menghilang setelah darah haid mulai berkurang. Jadi selama ini banyak yang kurang tepat karena menyebut PMS justru saat haid bukan sebelumnya.  Bagi sebagian wanita PMS hanya serangkaian gejala yang tidak mengganggu namun bagi sebagian lainnya PMS menjadi masalah yang bisa menghambat aktifitas sehari-hari. Penyebab PMS sendiri tidak begitu jelas namun ada beberapa faktor yang berperan salah satu yang utama adalah perubahan hormon selama siklus menstruasi. Selain itu penyabab PMS antara lain kurangnya asupan vitamin dan mineral, minum alkohol atau minuman yang mengandung kafein, serta terlalu banyak mengkonsumi makanan asin.

Gejala dan Cara Mengatasi PMS (Pra-Menstruasi Sindrom)

Gejala PMS antara wanita yang satu dengan yang lainnya bisa saja bervariasi.Umumnya mereka yang mengalami PMS akan menunjukkan beberapa gejala perubahan fisik dan perubahan emosional yang mencakup:
  • Perubahan fisik : sakit kepala, kepala terasa berat, pegal-pegal/nyeri sendi atau otot, mudah lelah, perut kembung,  puting susu bengkak dan nyeri payudara, alergi, tumbuh jerawat, diare atau sembelit.
  • Perubahan emosional : nafsu makan meningkat, lebih emosional dan cepat marah, mudah mengangis, kecemasan, ketegangan, agresif dan ingin menyendiri, kesulitan tidur, dan sulit berkonsentrasi.

Cara Mengatasi PMS

Jika gejala PMS tidak begitu mengganggu maka untuk mengatasinya Anda cukup melakukan beberapa hal di bawah ini:
  • Berolah raga secara teratur
  • Mengkonsumsi makanan sehat seperti berbagai jenis buah dan sayur serta biji-bijian
  • Makan dengan porsi sedikit namun lebih sering untuk mengurangi kembung
  • Menghindari makanan yang mengandung garam, kafein dan alkohol
  • Mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak seperti jeroan dan berbagai jenis gorengan.
  • Tidur malam yang cukup yakni selama 8 jam 
  • Jaga agar asupan cairan cukup jangan sampai dehidrasi.
  • Jangan merokok
  • Jangan makan dalam waktu 3 jam sebelum tidur.
  • Untuk mengatasi PMS beberapa vitamin bisa membantu Anda mengurangi gejala PMS seperti asam folat, kalsium dengan vitamin D, magnesium, Vitamin B6, dan vitamin E. 
Itulah beberapa cara mengatasi PMS yang bisa dilakukan. Meskipun stres tidak termasuk ke dalam hal yang bisa menyebabkan PMS namun stres yang tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan kondisi PMS memburuk. Jadi jangan sampai stres berlarut-larut dan atasi dengan berbicara pada teman ataupun dengan melakukan berbagai kegiatan positif. Semoga informasi cara mengatasi PMS (Pra-Menstruasi Sindrom) diatas bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar