Minggu, 14 April 2013

Khasiat Leunca Untuk Kesehatan

Khasiat Leunca Untuk Kesehatan

Khasiat leunca ~ Selamat datang di blog saya yang sederhana ini. Kalau dua postingan terdahulu masih kurang serius, maklum lah baru perkenalan dan coba-coba :D Nah, sekarang saya coba membuat yang sedikit lebih berbobot. Sesuai judulnya saya coba mengangkat informasi mengenai khasiat leunca untuk kesehatan, khususnya. Mungkin bagi sebagian orang leunca masih asing, tapi di jawa barat bisa dibilang banyak yang suka mengkonsumsi masakan berbahan sayuran yang tergolong suku terung-terungan ini. Sebenarnya apa leunca itu dan apa saja khasiat leunca untuk kesehatan? Teruskan membacanya ya..karena saya akan berbagi informasinya untuk Anda :)

Dahsyatnya Khasiat Leunca Untuk Kesehatan

khasiat leunca

Khasiat leunca untuk kesehatan ~ Bagi yang belum mengetahui seperti apa penampakan leunca, gambar diatas bisa membantu Anda. Seperti itulah leunca, namun ketika matang (bukan matang karena dimasak) leunca warnanya berubah ungu kehitaman. Leunca / ranti ( Solanum ningrum L.) miliki banyak senyawa yang bermanfaat, antara lain solanine, solasonine, solasodine, dan solamargine. Keempat senyawa tersebut mampu membantu penyembuhan kanker karena bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Lebih lanjut soline dan solamargine memiliki efek antibakteri. Sedangkan soladine berperan sebagai anelgetik alami, meredakan peradangan, menurunkan panas dan antishok. 

Selain yang sudah disebutkan diatas, efek farmakologis dari leunca antara lain diuretik, menurunkan tekanan darah tinggi, radang saluran nafas menahun, sesak napas, infeksi salurah kemih, sakit ketika buang air kecil, radang ginjal akut. keputihan, lambung, gatal-gatal, lever, hamil anggur, membersikhan racun, penghilang bengkak, peluruh dahak, pereda batuk, kejang panas pada anak, sakit tenggorokkan, pelancar darah, disentri,  dan radang payudara. Itulah khasiat leunca untuk kesehatan Anda. 

Penerapan Khasiat Leunca Untuk Kesehatan

Khasiat leunca untuk kesehatan ~ Sekian banyaknya khasiat leunca untuk kesehatan, namun bagaimana cara penerapannya ? Berikut ini adalah beberapa resep pemanfaatan khasiat leunca untuk kesehatan terutama untuk membantu mengatasi berbagai penyakit. Semoga bermanfaat :)
  • Disentri : rebus 50-60 gr daun leunca segar dan 25 gr gula putih dengan air secukupnya. Minum air rebusannya yang telah disaring terlebih dahulu.
  • Untuk berbagai kanker, keputihan, regenerasi jaringan yang rusak, nafsu makan, perbaikan mental. menghilangkan tanda peradangan dan gejala keracunan caranya dengan rebus 90 gr leunca dengan 3 gelas air sampai menyisakan 1 gelas air. Minum sisa rebusan tersebut dua kali dalam sehari masing masing 1/2 gelas.
  • Untuk diduran caranya tumbuk keseluruhan tamanan leunca kecuali akar, lalu gosokkan ke kulit yang terkena biduran sampai warna kulit menjadi hijau. Hasilnya bisa dilihat 4-5 hari.
  • Untuk mata kering caranya dengan mengunyah leunca segar yang sudah masak lalu ditelah. Lakukan sebanyak 3 kali sehari. 
Itulah beberapa penerapan dari khasiat leunca untuk kesehatan. Ada banyak resep lain yang dikombinasikan dengan herbal lainnya, mungkin akan saya sajikan pada lain kesempatan, jika Anda ingin tahu bisa melanjutkan googgling :D Kalau saya sendiri lebih suka untuk menjadikannya lalapan, karedok atau bolokotok leunca (kapan-kapan saya posting resepnya, mudah ko, mungkin sudah pada tahu juga ya..hehe). 

Nah, itulah beberapa khasiat leunca untuk kesehatan, bagi yang telah membaca jika ada saran, kritik atau tambahan informasi silakan isi komentarnya. InsyaAllah akan saya approve asal sopan ya ^^