Sabtu, 28 Juli 2018

Keluhan Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Keluhan Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya,- Kehamilan merupakan kondisi yang diidam-idamkan oleh hampir semua wanita yang telah menikah.Namun pada prosesnya hampir semua wanita mengalami satu atau beberapa keluhan saat hamil dari yang ringan sampai yang sangat mengganggu. Saya pun pernah mengalaminya, dua kali menjalani kehamilan dengan keluhan yang agak berbeda. Dari mulai gangguan mual dan ingin muntah dipagi hari hingga sulit tidur dimalam hari menjadi hal yang menghiasi hari hari saya saat itu. Awal kehamilan pertama karena belum adanya pengalaman saya jadi banyak bertanya ke bidan dan banyak membaca artikel tentang kehamilan yang banyak ditemui di internet. Karena itulah pala kesempatan kali ini saya ingin membahas berbagai keluhan saat hamil dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat

Keluhan Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

 Keluhan saat hamil dan cara mengatasinya

Berikut ini adalah beberapa keluhan yang umum terjadi pada ibu hamil. Keluhan ini bisa berbeda dari ibu yang satu dengan yang lainnya tergantung bagaimana kondisi fisik dan berbagai hal lainnya. 
  1. Keluhan pertama yang sering kali terjadi pada trimester pertama kehamilan adalah morning sickness. Meskipun namanya morning sickness namun keluhan ini tidak hanya terjadi pada pagi hari tapi juga ada yang siang atau malam hari. Morning sickness ini keluhan berupa perasaan ingin muntah dan mual yang disebabkan adanya perubahan hormonal wanita yang sedang hamil. Untuk mengatasi morning sickness bisa dilakukan dengan mengkomsi bebedapa biskuit sebelum tidur, jangan tidur dengan keadaan perut kosong, segera setelah bangun tidur mengkonsumsi beberapa biskuit agar perut langsung terisi makanan, jika hanya mual atasi dengan mengunyah permen jahe, dan sering membersihkan mulut. Selain itu juga dengan makan dalam jumlah sedikit namun sering.
  2. Kelelahan. Semakin tua usia kehamilan semakin mudah tubuh merasa kelelahan. Untuk mengatasinya berilah porsi istirahat setiap selesai melakukan aktifitas, jangan terlalu memforsis tubuh.
  3. Pusing. Keluhan ini biasanya terjadi pada awal kehamilan sebagai akibat dari perubahan hormonal. Pada saat hamil hormon progesteron membuat pembuluh darah melebar akibatnya tekanan darah mengalami penurunan sehingga ibu cepat pusing. Untuk mengatasinya istirahatlah yang cukup tanpa perlu mengkonsumi obat apapun.
  4. Sembeli yang terjadi karena peningkatan relaksaasi otot pencernaan sehingga proses pembuangan menjadi lambat.Untuk m,engatasinya dengan minum air putih yang cukup, mengkonsumsi makanan berserat dan dengan melakukan olahraga ringan seperti  berjalan kaki.
  5. Sesak nafas yang biasanya terjadi di trimester akhir karena rahim yang semakin membesar mendorong diafgragma. Untuk mengatasinya dengan relaksasi dan mengurangi aktifitas yang banyak menguras tenaga.
  6. Sakit punggung. Untuk mengatasinya ibu bisa meminta bantuan suami untuk memijat punggung dari bagian bawah ke atas dengan gerakan seperti sedang menggambar gambar hati.
  7. Sariawan. Untuk membantu mengatasinya bisa dengan memperbanyak konsumsi vitamin dan mineral, memilih sikat gigi berbulu halus, dan dengan menggunakan obat kumur yang bisa mengurangi peradangan karena sariawan.
  8. Air liur berlebihan. Cara untuk mengatasinya dengan sering sikat gigi atau berkumur mengunakan odol atau obat kumur beraroma mint.
  9. Nyeri ulu hati. Untuk mengurangi keluhan ini sebaiknya ibu jangan sering berbaring datar atau membungkuk. Jika ingin berabaring sebaiknya dengan penyangga bantal yang tinggi.
  10. Sulit tidur di malam hari. Untuk mengatasinya sebaiknya dengan relaksasi sebelum tidur, lampu kamar dibuat redup atau membaca sebelum tidur.
  11. Kram. Untuk mengatasinya luruskan kaki, pijat bagian yang mengalami kram dan perbanyak makanan yang mengandung kalsium. 
Pada umumnya keluhan saat kehamilan tersebut bisa diatasi dengan sendirinya tanpa pelu menggunakan obat. Namun jika kondisi ibu menghawatirkan maka akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan bidan atau dengan dokter kandungan. Dan setiap melakukan cek kandungan rutin ibu jangan sungkan untuk berkonsultasi tentang yang dirasakan tiap bulannya. Semoga informasi keluhan saat hamil dan cara mengatasinya diatas bisa bermanfaat untuk Anda. Semoga kehamilannya lancar hingga persalinan dan jangan lupa untuk selalu bahagia dan bersemangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar