Minggu, 14 Juli 2013

Cara Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil Muda

Cara mengatasi mual muntah saat hamil muda » Selamat datang kemabli di blog saya yang sederhana ini. Setelah pada postingan sebelumnya saya membahas mengenai khasiat serbuk kurma untuk kesuburan kali ini saya ingin membagi sedikit informasi mengenai bagaimana cara mengatasi mual muntah saat hamil muda. Tips ini saya dapatkan dari berbagai sumber setelah sebelumnya saya googling sana-sini karena mengalami mual muntah terutama di pagi hari. Apa saja cara mengatasi mual muntah saat hamil muda?

Cara Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil Muda



cara mengatasi mual muntah saat hamil muda

Well, sebelumnya teman-teman yang juga hamil muda dan mengalami mual muntah tidak perlu terlalu cemas, karena Anda tidak sendiri. Kondisi mual muntah ini umum dialami oleh ibu hamil terutama yang sedang hamil muda dengan usia kehamilan di trimester pertama. Dari semua ibu hamil sekitar 70% pernah mengalami ini dalam masa kehamilannya. Penyebab timbulnya mual muntah adalah karena adanya perubahan hormonal karena kehamilan, nutrisi yang buruk, dan kurangnya vitamin B6. Itulah beberapa penyebab yang sebenarnya bisa diatasi dengan menjaga asupan kalori dan makanan yang cukup. 

Cara mengatasi mual muntah saat hamil muda bisa dengan mencukupkan asupan vitamin B6. Ada berbagai makanan yang mudah diperoleh yang memiliki kandungan vitamin B6 yang dibutuhkan ibu hamil. Makanan itu antara lain dari golongan hewani seperti daging, telur, susu, udang dan telur. Ingat jika Anda mengkonsumsi daging dan telur agar diolah dengan tingkat kematangan yang sempurna. Kalau dari kelompok nabati vitamin B6 bisa diperoleh dari kacang-kacangan, jamur, pepaya(harus yang sudah matang), buncis, alpukat, sereal, kentang, biji bunga matahari, pisang, bayam, beras merah, singkong, dan berbagai jenis biji-bijian. Selain dari bahan alami ini, biasanya vitamin B6 juga akan diberikan bidan atau dokter kandungan sebagai suplemen. 

Tips Lainnya Cara Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil Muda

Selain dari asupan vitamin B6, mengatasi mual dan muntah saat hamil muda bisa dilakukan dengan beberapa trik di bawah ini:
  • Makan dalam porsi kecil tapi sering
  • Makan makanan yang tinggi kadar karbohidrat dan proteinnya.
  • Hindari makanan yang tinggi lemak, minyak dan pedas.
  • Untuk menghindari morning sickness, ketika bangun jangan terburu-buru terbangun, duduk sejenak lalu perlahan bangun.
  • Jika mual di pagi hari terasa sangat hebat, Anda bisa mengkonsumsi snack atau biskuit sebelum beranjak dari tempat tidur.
  • Dengan cara tradisional, mual dan muntah juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi jahe. 
  • Hindari stress, semakin stress akan semakin memperburuk rasa mual. Istirahat yang cukup dan selalu hadapi kehamilan dengan rileks dan bahagia :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar