Jumat, 20 Juli 2018

Cara Mengatasi Sindrom Carpal Tunnel

Cara Mengatasi Sindrom Carpal Tunnel,- Setelah sekian lama hiatus dari aktifitas blogging akhirnya sekarang bisa juga menyempatkan diri untuk posting. Bicara mengenai hiatus saya jadi teringat ada banyak komik yang saya ikuti di flatform komik online yang berhenti sementara karena masalah kesehatan komikusnya. Dari sekian banyak yang hiatus itu sebagian terkena masalah kesehatan pada pergelangan tangan atau istilah medisnya sindrom carpal tunnel. Karena itulah saya jadi tertarik mengetahui apa sebenarnya sindrom carpal tunnel ini dan bagaimana cara mengatasi sindrom carpal tunnel yang bisa dilakukan dirumah sebelum dilakukan penanganan medisnya. Berikut ini adalah beberapa info yang saya dapatkan semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Sindrom Carpal Tunnel

cara mengatasi sindrom carpal tunnel


Sindrom carpal tunnel adalah masalah kesehatan pada pergelangan tangan karena penggunaan berulang. Meskipun penyebabnya belum diketahui secara pasti namun sindrom carpal tunnel bisa dianggap sebagai saraf yang tertekan oleh carpal tunnel karena anatomi pergelangan tangan, beberapa masalah kesehatan yang diderita (menedrita penyakit diabetes, rematik, dan ketidakseimbangan kelenjar tiroid) dan juga karena pola penggunaan tangan itu sendiri. Sindrom carpal tunnel umumnya diturunkan secara genetis. Perubahan hormon selama kehamilan, faktor umur (penyakin ini lebih banyak diderita oleh orang tua). Umumnya penyebab sindrom carpal tunnel merupakan hal yang kompleks bukan penyebab tunggal. 

Adapun gejala dari sindrom carpal tunnel antara lain rasa kesemutan, mati rasa atau kaku pada jempol, jari telunjuk, jari tengah dan jari manis ; nyeri yang memanjang dari pergelangan tangan ke atas lengan ke bahu atau ke telapak tangan atau jari, ini biasanya terjadi pada lengan bagian bawah; adanya kecenderungan menjatuhkan barang yang dipegang.

Cara Mengatasi Sindrom Carpal Tunnel Sendiri


Pada kebanyakan orang yang menderita sindrom carpal tunnel rasa sakit bisa diatasi dengan pengobatan yang tepat. Sebelum melakukan cara mengatasi sindrom carpal tunnel secara medis ada beberapa cara mengatasi sindrom carpal tunnel yang bisa dilakukan sendiri, yang antara lain :

  1. Perbanyak istirahat dari aktivitas berulang yang menggunakan tangan.
  2. Variasikan aktivitas
  3. Melakukan peregangan atau pembengkokan secara berkala pada tangan dan pergelanganny serta melakukan latihan ringan untuk tangan dengan cara meregangkan telapak tangan dan memutar pergelangan tangan.
  4. Meminum obat untuk mengurangi pembengkakan dan menghilangkan nyeri
  5. Gunakan belat pergelangan tangan dimalam hari tetapi harus nyaman dan tidak terlalu ketat
  6. Jangan tidur dengan berbantal tangan
  7. Mencoba teknik relaksasi untuk memperkuat dan menyeimbangkan sendi bagian tubuh atas. Bisa dengan melakukan yoga ataupun dengan teknik relaksasi lainnya
  8. Jangan menggunakan kekuatan lebih dari yang diperlukan dalam melakukan aktivitas yang menggunakan tangan
  9. Hindari menekuk pergelangan yangan penuh-penuh ke atas atau ke bawah
  10. Memperbaiki postur tubuh
  11. Jaga tangan tetap hangat

Jika cara mengatasi sindrom carpal tunnel diatas sudah dilakukan namun tidak membuat kondisi membaik maka sebaiknya segera meminta pertolongan medis terlebih jika sindrom carpal tunnel yang diderita sudah menyebabkan kesulitan beraktivitas dan mengganggu pola tidur. Jika Anda mengalami msalah sindrom carpal tunnel sebaiknya lakukan penanganan baik itu dengan cara sendiri atau dengan meminta bantuan medis, jangan dibiarkan berlarut-larut karena bisa membuat kondisi semakin parah dan tidak menutup kemungkinan tindakan operasi akan diperlukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar