Kamis, 01 Januari 2015

Resep Bolu Kukus Mekar Ekonomis

Resep Bolu Kukus Mekar Ekonomis,- Akhirnya bisa kembali posting setelah sekian lama tidak sempat ( atau ya lebih tepatnya tidak menyempatkan diri ) membuka blog ini. Hmm, akhir-akhir ini saya lebih sering SR di berbagai tempat, di jejaring sosial maupun di blog orang lain. Kebanyakan saya baca mengenai resep-resep cemilan, cake, dan kudapan. Dan yang timbul setelah saya baca adalah keinginan untuk mempraktekannya. Sejauh ini saya sudah mencoba beberapa resep es krim homemade, berbagai resep brownies kukus, kue kering, dan juga bolu kukus. Yang terakhir ini yang menurut saya paling gampang membuatnya dan modalnya juga sedikit :D ekonomis banget tapi hasilnya sama dengan yang dijual di pasaran. Yuk diintip resep bolu kukus mekar ekonomis kesayangan saya

Resep ini saya temukan di grup natural cooking club di facebook , resep ini kreasi ibu Adhe Ermalia (makasih ya ibu, resepnya sangat bermanfaat )

Resep Bolu Kukus Mekar Ekonomis

resep bolu kukus mekar ekonomis
Bahan :  
  • 500gr terigu
  • 375gr gula pasir
  • 2btr telur
  • 400 ml air ( kalau saya pakai susu UHT putih )
  • 40gr sp
  • 1tts essens vanili

Cara Membuat : 
  • Mixer semua bahan jadi satu sampai adonan kental berjejak.
    Waktu saya bikin waktu mixernya cukup 5 menit saja. Katanya para expert jangan terlalu lama karena kelamaan mix malah bikin bolkus enggan ngakak aka bantet.
  • Masukkan adonan kedalam cetakan bolu kukus kemudian kukus selama 10 hingga 12 menit, jangan lupa tutup dandang kukusan pakai serbet supaya uap airnya tidak masuk ke adonan. 

    Tips Agar Resep Bolu Kukus Mekar Ekonomis Ini Berhasil  :

    • Gunakan api besar
    • Sebelum mengukus pastikan klakat/dandang kukusan sudah panas dan beruap banyak
    • Sekali ngukus cukup 7-9 biji, tergantung besar cetakan dan besarnya dandang kukusan
    • Isi cup dengan adonan sampai penuh
    Saya sebenarnya jarang sekali mau mencoba bikin ini itu tapi semenjak SR di grup FB NCC saya kok ya jadi inginnya praktek langsung, hehe. Resep yang saya bikin pertama kalinya bukan resep bolu kukus mekar ekonomis ini tapi resep-resep brownies kukus yang praktis dan murah bahannya. Yang kedua barulah resep bolu kukus mekar ekonomis ini, dan awal bikin deg deg-an lho, apa pas dibukan si tutup dandang bolkusnya ngakak atau malah mingkem ya... dan taraaa bolkus pertama buatan saya ternyata pada ramah, ngakak sempurna semuanya,,hehe. Jadilah ini resep masuk list resep kesayangan :D. Tidak salah ternyata testimoni ibu ibu yang udah coba ini hampir berhasil semua. Yang penting sih menurut saya adalah takaran bahan dan cara membuatnya sesuai dengan resep aslinya, jangan melakukan modifikasi yang terlalu ekstrim. Nah sekarang tunggu apa lagi , coba resep bolu kukus mekar ekonomis ala ibu Adhe Ermalia tersebut, dijamin gak akan gagal , bolkusnya ngakak sempurna :D

    Selamat mencoba resep bolu kukus mekar ekonomis nya bunda :)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar